Official Website Surabaya

Mengenal Event Preparatory Committee 3 (Prepcom 3) Konferensi Habitat ? di Surabaya

0 9
Kota Surabaya dipilih menjadi lokasi penyelenggaraan Preparatory Committee 3 (Prepcom 3) Konferensi Habitat III. Surabaya dipilih karena telah membangun kawasan permukiman dengan mempertimbangkan konsep penataan lingkungan sesuai kesepakatan international. Dirjen Cipta Karya, Andreas Suhono, Senin (4/4) mengatakan, 
Prepcom 3 Konferensi Habitat III akan dilaksanakan di Surabaya tanggal 25-27 Juli 2016. Prepcom 3 merupakan pertemuan persiapan terakhir menjelang Habitat III. Surabaya ditunjuk sebagai tuan rumah merupakan penghargaan dari UN Habitat, melihat perkembangan kota Surabaya yang prominen dan Walikota yang berkomitmen. 
Manfaat penyelenggaraan Prepcom III untuk Indonesia dari segi politik adalah penghargaan masyarakat dunia dan lembaga dunia terhadap Indonesia sebagai negara berkembang yang prominen dalam pengananan permasalahan. Dari segi Ekonomi, peserta Prepcom 3 yang ditargetkan sebanyak 2.500 dari seluruh dunia akan meningkatkan ekonomi nasional dan lokal, termasuk kegiatan ekonomi kreatif.

Dalam bidang sosial budaya, acara tersebut dapat menjadi momen memperkenalkan ragam budaya Indonesia, serta mempromosikan pariwisata Indonesia. Prepcom 3 diselenggarakan sebagai persiapan penyelenggaraan Konferensi Habitat III Tahun 2016 akan diselenggarakan di Quito, Ecuador dengan tema Sustainable Urbanization. 

Dari tema tersebut dapat diketahui tantangan perkotaan secara global saat ini adalah mengarahkan dan mengelola urbanisasi untuk pencapaian pembangunan yang berkelanjutan. Hasil yang diharapkan adalah urbanisasi dapat menjadi sumber kekuatan pembangunan berkelanjutan, model-model perkotaan baru untuk mengatasi tantangan perubahan iklim secara efektif dan urbanisasi sebagai alat untuk integrasi dan keadilan sosial.

“Tantangan perkotaan di Indonesia antara lain penurunan daya dukung lingkungan, perubahan guna lahan, kerentanan terhadap bencana, peningkatan urbanisasi dan ketimpangan pengembanga antar provinsi dan region,”ujarnya. PBB mengadakan Konferensi Habitat III guna menghidupkan kembali komitmen global untuk urbanisasi yang berkelanjutan. Habitat III merupakan konferensi PBB pertama dalam kerangka agenda pembangunan global (dalam kerangka SDG/Sustainable Development Goals) setelah diadopsinya Agenda Pembangunan Pasca 2015, dan kesepakatan baru tentang perubahan iklim.

Tujuan konferensi Habitat III adalah menjadi adanya pembaruan komitmen politik tentang pembangunan perkotaan berkelanjutan, menelaah pencapaian agenda habitat dalam menanggulangi kemiskinan, serta mengidentifikasi dan mencari jawaban atas tantangan yang muncul dan yang baru. Pada penyusunan Agenda Baru Perkotaan, UN Habitat memberikan arahan mengenai unsur kunci Sustainable Development yaitu Peraturan dan Perundangan, Perencanaan dan Perencangan Kota, serta Pembiayaan Kota.

Leave A Reply

Your email address will not be published.